PENDIDIKAN NEGARA +62
Dari waktu ke waktu
iklim pendidikan berubah. Hal kaya gini tujuannya nyesuaiin kebutuhan baik kebutuhan lokal
maupun ngadaptasi perkembangan global. Indonesia terlalu banyak niru sistem
pendidikanberbagai negara di dunia tapi semuannya cuma bikin siswa gak bisa nangkep
ilmu malah cuma di buat bingung sama sistem pendidikan yang ngebingungin.
Pendidikan terbaik
yaitu di Finlandia, yang gak ngasih siswanya PR, enak ya. Tapi lihat dong
hasilnya bisa ngasilin produk-produk telekomunikasi bisa ngasilin
pembalab-pembalab F1 ; Kimi Raikkonen yang masuk 10 pembalab dengan gaji
tertinggi dan berada pada urutan ke-8, terus
Mika Haikkinen yang pernah mempunyai gelar juara F1 2 kali.
Salah satu hal yang jadi
perhatian saat ini adalah kompetensi lulusan. Sampai-sampai disusun kurikulum
yang berbasis kompetensi buat ngejamin lulusan memiliki kompetensi yang sesuai.
Sebenarnya ada pertanyaan besar dalam pikiran gue, apa model ini udah mencapai
sasarannya? emang gak mudah ngewujudin kondisi yang deketin ideal. Bukan cuma
dalam dunia pendidikan bahkan dalam segala hal. Lebih gampang ngebuat konsep-konsep
atau model-model daripada ngelakuinnya. Sebenernya standar sekolah itu berbeda ada swasta ada yang negeri, berbeda beda tapi bikin materinya yang
bikin orang lain, belum tentu kita belajar setelah itu sama pelajarannya.
Di beberapa sekolah,
meski kurikulum belum berganti, buku-buku diganti seiring berganti tahun.
Buku-buku yang pake angkatan sebelumnya udah gak dipake pas angkatan berikutnya
padahal materinya masih sama. Hal-hal kaya gini ngebuat gue berprasangka kalo
ada bisnis sampingan para guru sama karyawaan sekolah. Prasangka ini kayaknya
kejam. Tapi gue punya fakta kalo guru-guru sama karyawan dapetin insentif dari penerbit yang
bukunya digunain dalam pengajaran dan ini benar benar terjadi dalam dunia
pendidikan. Dan di sekolah gue dulu ini semua di lakuin sama karyawan di TU
sekolahan gue.
Salah satu contoh nyata
cara ningkatin mutu lulusan adalah
dinaikinnya 0,3 poin standar kelulusan yang diberlakukan secara nasional. Kalo
bercermin pada tahun-tahun sebelumnya, yang terjadi di beberapa sekolah malahan muncul kecurangan yang dilakukan sekolah. UN ibarat pepatah panas setahun hujan
sehari, belajar bertahun tahun dibales hujuan 3hari. Terus gurunya kalo bikin
materi percuma juga karena yang menentukan lulus pemerintah. UN menjadi sumber
yang menakutkan bagi pelajar.
UN itu ngebentuk kita jadi penakut dan ngebuat stres dan akhirinya ngebuat peserta didik jadi
nyotek. UN dulu singkatannya ujian nasional tapi sekarang berubah jadi
ujian nyontek, nyontek semua pengen dapet bocoran semua. Siswa belajar
dari SMP sampe SMA begitu UN ngarepin bocoran, percuma pelajaran selama
bertahun tahun kalo akhirnya ngarepin bocoran. Dan yang di takukan selama
UN itu banyak, salah salah satuanya dari pengawas, dan katanya pengwas UN itu
serem serem, dan waktu saya UN teman saya bertanya.
“ehh,pengawas lo
serem gak?”
“wah iya serem,
pengwas gue guru matematika” jawab
saya
“pengawas gue
lebih serem, guru BP” sahut teman saya
Kemudian teman saya ikut nimbrung “bro pengawas gue lebih serem!!!”
“siapa???” tanya saya serentak bersama teman teman
“kuntilanak,,,,HAHAHAHA”
Seharusnya pengawas ujian
itu bersikap ramah dan baik kepada peserta didik yang mau ujian. Mereka liatin
pengawasnya aja udah nyeremin gaimana pas ngerjain ujian, kaya gitu malah bikin siswa jadi blank.
Biasaya sebelum masuk ke jenjang pendidikan yang
lebih tinggi ada tuh yang namanya MOS (masa orientasi siswa) dan biasanya di suruh pake macem
samcem gitu sama senior di sekolah, yang cowok di suruh di botakin yang cewek
rambutnya di pitain yang lekong botak terus pake pita. Tapi pada kenyataanya MOS cuma pembohongan aja soalnya banyak aturan sama norma yang di lebih lebihin
dan kadang kalo di sadari MOS itu sebenernya bukan ajang untuk perkenalan
sekolah tapi di pake sama senior seniornya untuk ajang obral cinta tebar pesona
(modus) , iya kan? Biasanya yaa kan kita disuruh pake aksesoris kalo
aksesorisnya gak lengkap itu biasanya kita di hukum kan,coba yang di hukum itu
cewek cakep hidung mancung kaya nabila jkt48 gitu.
“hey kamu,itu kenapa
coba kasesoris kamu gak lengkap?” kata senior
“maaf kak,tadi
ketinggalan” kata siswa
“gak ada alasan kamu
harus dihukum,!!” kata senior
“hukumannya apa kak?”
tanya siswa
“nanti kakak kasih tau
lewat sms,mana nomer kamu?” balas si senior
Dan coba kalo yang gak
lengkap itu cowok jelek,item,jerawatan,muka berminyak,mata merah,gigi kuning,
bibir pecah-pecah itu pasti lain tanggapannhya
“hei lo,mana
alsesorisnya kok gak lengkap?” tanya senior
“maaf kak tadi
ketinggalan” jawab siswa laki laki
“alesan aja lo,lo harus
du hukum!!” timpa senior sambil memukul
“hukumannya apa kak?”
sahut siswa
“cari nomer cewek yang
tadi!!” balas senior
MOS emang penting dan
di perluin soalnya punya tujuan sama manfaat ya bagus buat peserta didik
baru. Tapi dalam pelaksanaanya harus diawasi secara ekstra dari guru dan kepala
sekolah.
Salah satu cara yang
bisa diggunain starting point buat perbaikan dan pengembangan sistem pendidikan
Indonesia adalah dengan mengetahui kelemahan dan kelebihannya. Hal kaya gini
bisa dilakukin dengan ngelakuin kaji banding dengan sistem negara lain yang lebih
baik, jadi bisa dijadiin gambaran buat
kita, gaimana kita bisa nguatin yang jadi kelebihan sistem pendidikan indonesia
dan memperbaiki kekurangan yang ada. Lewat peningkatan kualitas sistem pendidikan
Indoneisa, suatu saat Indonesia bakal jadi bangsa yang maju dan berada di
barisan terdepan dalam usahangewujudin dunia yang lebih baik lagi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar